Cuma Teh Kotak

Siapa sih yang ga tau Teh Kotak jaman sekarang?

Saya pikir tidak ada. Hampir di setiap simpang jalan, kalau ada toko, apalagi ada kulkasnya, pasti ada Teh Kotak.

Saya selalu menganggap brand ini terkenal dan merupakan hal yang remeh untuk tau tentang brand ini.

Namun beberapa hari yang lalu, opini remeh temeh ini berbenturan dengan fakta. Di suatu siang yang melelahkan, saya makan siang ditemani 3 bersaudara bernama Ali, Ilyas, dan Wa’is di sebuah warung nasi di jalan tikus di daerah pemukiman mereka. Karena menolak untuk ikut makan siang, maka mereka saya tawari untuk minum saja. Dan saya pun memesan  3 buah Teh Kotak sembari menunggu pesanan saya dihidangkan.

Saya melirik pada Ilyas yang berbisik kepada kakaknya, Ali, yang berbeda mgkn satu atau dua tahun. Ali masih kelas 5 SD.

“Apaan sih bisik-bisiiiik? Bagi dooong…” kataku.

Ilyas tersenyum malu-malu.

Ali menjawab, “Ini kak, Ilyas nanya, Teh Kotak teh apa, ceunah?”

Saya pikir dia bercanda. Saya benar-benar berpikir mereka bercanda karena ingin menyembunyikan bisik-bisik mereka. Setelah saya menegaskan dengan pertanyaan dengan nada ‘serius lo?’ barulah saya percaya.

Teh Kotak saja mereka tidak tau, bagaimana dengan globalisasi, kapitalisme, liberalisme, dan kejahatan yang lebih besar lagi beserta efeknya???

Tak perlu saya meneruskan pembicaraan kami. Hanya saja, satu hal yang ingin saya tegaskan, KHAWATIRLAH DENGAN RAKYAT YANG TERMARJINAL DI NEGARA INI. Ingat-ingatlah mereka, jangan meninggalkan mereka yang lemah…

“Dan hendaklah takut (kepada Allah ) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan)nya.  Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertaqwa  kepada Allah , dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang benar.” (TQS. An Nisaa: 9)

Leave a Reply

